Manfaat belajar Jaringan Komputer

Seringkali orang memiliki persepsi yang salah, yaitu bahwa orang yang belajar Ilmu Jaringan Komputer adalah orang – orang yang spesialis dan professional di bidang jaringan komputer, yang nantinya bekerja di perusahaan – perusahaan besar dengan jaringan yang kompleks dan sistem pengamanan IT yang canggih.

Di era Internet yang serba “terkoneksi” ini, akses ke dunia maya sudah merupakan suatu “budaya” dari kehidupan manusia, terutama bagi mereka yang sehari – hari bertatap muka dengan komputer, dan menggunakan komputer untuk membantu segala pekerjaannya, walaupun ada juga yang memanfaatkan Internet hanya sebagai hiburan.

Tiba – tiba, dalam keadaan yang sangat membutuhkan koneksi internet, terjadi gangguan. Apa yang akan kita lakukan? Apakah menelpon call center dari Provider Internet kita? Atau memulai untuk mencoba menemukan solusi atas masalah jaringan komputer yang sedang kita alami? Menurut survey yang dilakukan pada IT-Helpdesk Internet Service Provider di Indonesia, sebagian besar gangguan yang butuh penanggulangan lama adalah gangguan yang terjadi di Pihak Customer, entah itu perubahan konfigurasi yang tidak disengaja, ataupun hardware yang mengalami gangguan, karena gangguan semacam itu menuntut pihak IT-Helpdesk untuk mengidentifikasi penyebab gangguan dari jarak jauh, yang tentunya membutuhkan waktu.

Bandingkan dengan kondisi begini : Jika terjadi gangguan internet, kita sebagai pengguna internet bisa mencoba memulai trouble-shooting sebagai berikut :

1. cek media jaringan anda, apakah secara fisik, semua media jaringan sudah dipasang / diaktifkan dengan benar? Media jaringan mencakup hardware jaringan komputer seperti modem GSM / CDMA, kabel LAN, Wireless Receiver, Wireless Router, Switch, modem, dsb.

2. cek IP Address, apakah device anda sudah mendapat IP Address yang benar?

3. cek konektivitas Local Area Network (LAN) dengan melakukan “ping” ke modem / router anda

4. cek konfigurasi modem / router, apakah masih sesuai dengan yang seharusnya?

Jika tahap Рtahap tersebut sudah anda lakukan dan anda yakin bahwa semua berfungsi dengan baik dan benar, namun permasalahan belum terselesaikan, ini berarti gangguan bukan pada peralatan anda (Customer Premises Equipment / CPE). Untuk itu, anda boleh menghubungi Internet Service Provider (ISP) anda  untuk meminta bantuan perbaikan.

Namun pada kondisi lain, Jika ternyata tahap – tahap tersebut sudah anda lakukan, dan anda berhasil menemukan kesalahan di Local Area Network dan memperbaikinya, maka berarti kegiatan anda untuk memanfaatkan internet bisa tetap berlangsung kembali. Keadaan seperti ini adalah suatu perwujudan dari masyarakat yang sudah tidak buta teknologi, sudah mandiri dan tidak terlalu tergantung pada pihak lain. Keadaan ini tentunya merupakan suatu kondisi ideal yang kita harapkan, dimana penghematan waktu (bahkan biaya) bisa kita lakukan, dan pekerjaan kita tidak tertunda terlalu lama.

Pada beberapa kasus, orang – orang yang belajar ilmu jaringan komputer dimana tujuan awalnya adalah untuk “sekedar untuk menambah ilmu”, menemukan bahwa ternyata ilmu jaringan komputer ini membuka suatu lahan wiraswasta baru bagi mereka, contohnya adalah para pengusaha warnet.

Masih banyak lagi contoh manfaat kita belajar Ilmu Jaringan Komputer. Untuk pembelajaran yang maksimal, pastikan anda belajar ilmu komputer di institusi yang terpercaya, dengan komposisi praktikum yang memadai sehingga anda bisa menguasai ilmu Jaringan Komputer dengan baik.

About these ads

4 thoughts on “Manfaat belajar Jaringan Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s