Apa itu CBT/Competency Based Training?

Competency Based Training atau yang biasa disingkat menjadi CBT mengalami banyak kemajuan dewasa ini. CBT merupakan suatu proses belajar mengajar yang tidak seperti cara belajar tradisional. Dalam CBT, komputer yang telah dibekali software lah yang mengajar peserta.

Kelebihan dari metode pembelajaran ini adalah peserta dapat belajar sesuai kecepatan pemahaman masing – masing. Ini berarti peserta yang cepat paham dapat terus belajar tanpa perlu menunggu yang lain, sementara peserta yang lebih lambat dapat terus belajar di modul itu hingga mengerti tanpa merasa malu atau cemas akan menghambat peserta lainnya.

Seorang peserta dapat mempelajari banyak hal melalui CBT ini, misalnya corporate training, computer training, dll. Metode pembelajaran ini pun makin digemari karena kini siapapun dapat belajar tanpa perlu dibatasi ruang dan waktu. Mereka dapat menyesuaikan waktu pembelajaran sesuai dengan ketersediaan waktu mereka.

Umumnya CBT dibekali dengan tutorial interaktif, latihan, simulasi melalui video yang diakses online maupun dalam bentuk cd-rom.

Metode pembelajaran ini makin efektif digunakan untuk training peserta dalam skala besar dan memastikan semua peserta mendapatkan pemahaman yang sama, mengurangi penyesuaian jadwal, dan trainer juga lebih mudah dalam menyampaikan tujuan training.

Lalu, apakah metode CBT ini luput dari kekurangan? Tidak juga, metode ini juga memiliki kekurangan, dari segi biaya, teknologi ini menghabiskan biaya yang lebih besar ketimbang metode pembelajaran tradisional (untuk mengembangkan materi, biaya software maupun hardware yang digunakan), juga untuk peserta yang lebih menyukai interaksi dalam metode pembelajaran tradisional akan melihat pembelajaran dengan metode CBT sangat sulit bagi mereka.

Jadi metode pembelajaran tradisional di kelas maupun CBT masing – masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing, tinggal kita menyesuaikan sesuai kebutuhan kita masing – masing :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s