Apa itu CCNA?

CCNA (Cisco Certified Network Associate) adalah sertifikasi yang populer di kompetensi IT dalam teknologi jaringan komputer yang dikembangkan oleh Cisco Systems. Cisco menciptakan CCNA untuk mengenali kompetensi dasar dalam instalasi dan dukungan dari  jaringan berskala menengah.

Sertifikasi CCNA dapat diperoleh dengan melewati ujian selama 90 menit. Ujian CCNA ini tidak memiliki prasyarat ujian yang harus diikuti terlebih dahulu, meskipun Cisco dan perusahaan lainnya biasanya menawarkan berbagai kursus pelatihan formal untuk membantu siswa mempersiapkan diri. Topik yang dibahas pada ujian CCNA meliputi antara lain:

  • LAN dan desain WAN (termasuk model OSI)
  • IP addressing
  • Protokol router dan routing (termasuk OSPF, EIGRP dan RIP)
  • VLAN (virtual LAN) dan WLAN (LAN nirkabel)

Terpisah dari sertifikasi CCNA ini, masih ada ujian dan sertifikasi lainnya yang disediakan CISCO seperti CCNA Security, CCNA Voice dan CCNA Wireless.

CCNA berlaku selama 3 tahun. CISCO juga menawarkan sertifikasi yang lebih advanced untuk para profesional jaringan diluar CCNA, termasuk CCNP (Cisco Certified Network Professional) dan CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert).

Dimana bisa kursus CCNA? Salah satunya bisa di BINUS CENTER. Info lebih lengkap bisa di lihat di sini. Untuk jadwal bisa dilihat di sini

One thought on “Apa itu CCNA?

  1. Pingback: Pentingnya Sertifikasi Internasional | Binus Center Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s