Mengenal Cloud Computing lebih lanjut

Trend yang makin berkembang akhir – akhir ini di dunia teknologi informasi adalah mengenai cloud computing. Kunci yang penting untuk terhubung ke “cloud” adalah jaringan. Tanpa jaringan, tidak mungkin ada cloud. Kali ini kita akan membahas bagaimana membangun suatu jaringan agar siap terhubung ke cloud. Sebelum kita langsung membahas mengenai bagaimana menyiapkan sebuah jaringan agar siap terhubung ke cloud, ada baiknya kita mengerti mengenai istilah layanan cloud (cloud services) dan model pendistribusiannya (deployment models). Cloud services menjelaskan mengenai jenis layanan yang ditawarkan, sementara deployment model menjelaskan mengenai bagaimana cloud akan didistribusikan. Ini adalah model layanan cloud:

  • Infrastructure as a service (IaaS). Model layanan ini menyiapkan user dengan pemrosesan, penyimpanan, jaringan dan infrastruktur sumber komputasi lainnya. User tidak dapat mengatur infrastruktur, namun tetap dapat mengatur OS (operating system), aplikasi dan programming framework yang digunakan dalam infrastruktur tersebut.
  • Platform as a service (PaaS). Model layanan ini mengijinkan user untuk mendistribusikan aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa programming tertentu untuk framework dan tool yang digunakan di infrastruktur cloud.  User tidak dapat mengatur infrastruktur, namun memiliki kontrol penuh atas aplikasi yang didistribusikan.
  • Software as a service (SaaS). Model layanan ini mengijinkan user untuk mengakses aplikasi yang dijalankan di cloud. User tidak perlu mengelola infrastruktur atau aplikasi selain aplikasi yang sudah dibatasi settingnya ini. Cukup mengaksesnya saja.

Sementara itu, berikut merupakan model layanan yang dapat dijalankan:

  • Private Cloud. Sesuai dengan namanya, semata – mata hanya untuk 1 organisasi. Dapat dikelola langsung oleh organisasi itu sendiri maupun pihak lain, dimana dapat berada di tempat terpisah.
  • Public Cloud. Dibuka untuk umum. Dimiliki dan diatur oleh penyedia layanan cloud.
  • Hybrid Cloud. Menggabungkan 2 atau lebih model layanan cloud (private dan public).
  • Community Cloud. Infrastruktur dibagi oleh beberapa organisasi dan mendukung suatu komuntas tertentu

Lalu, bagaimana dengan jaringannya? Apakah ada perubahan? Cloud Computing mengubah apa yang ada di jaringan. Oleh karena itu, perlu beberapa penyesuaian agar cloud computing bisa digunakan:

  • Infrastruktur. Belakangan ini infrastruktur dibuat secara virtual maupun dibuat menuju kesana. Infrastruktur dapat diprogram dan server dan aplikasi memiliki mobilitas.
  • Aplikasi. Jenis aplikasi yang berjalan di cloud akan membuat jaringan berubah. Karena kebanyakan aplikasi kini sangat data intensive, menawarkan proses paralel dan ter – cluster.
  • Access. Virtual desktop menjadi populer. Mobile device juga memerlukan akses ke cloud.
  • Traffic.

Lalu bagaimana dengan data? Data tetap harus melintas antar komputer dan komponen penyimpan dari sebuah aplikasi, kemudian ke user pengguna aplikasi tersebut. Security tetap perlu diaplikasikan untuk memastikan akses diberikan ke siapapun yang memerlukan. Kualitas layanan (Quality of Service) jaringan juga perlu diperhatikan.

Jadi, inilah yang dibutuhkan agar cloud ready. Arsitektur jaringan perlu dibuat fleksibel, network services harus ditempatkan tidak bergantung pada lokasi apapun, maksudnya adalah layanan segera dikirimkan kapanpun, dimanapun user mengakses aplikasi maupun data.

Vendor utama jaringan seperti CISCO dan Juniper membantu banyak perusahaan untuk bermigrasi ke cloud. Bekerja sama dengan vendor untuk membantu menyediakan jaringan yang cloud ready merupakan solusi terbaik terutama untuk perusahaan yang belum berpengalaman dengan cloud sebelumnya.

Dapatkan info mengenai cloud computing juga disini

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s