Virtual Desktop

Virtualisasi dekstop merupakan suatu proses dimana 1 atau lebih komputer berfungsi sebagai suatu jalur akses ke sebuah komputer pusat yang menangani semua data dan aplikasi. Proses ini memiliki banyak keuntungan di lingkungan perusahaan dan dapat menghemat baik waktu maupun biaya.

Dalam model jaringan yang umum, user akan bekerja dengan komputer yang menjalankan sistem operasi sendiri, aplikasi dan prosesnya sendiri, dan melakukan transfer data bolak-balik ke komputer lain baik secara langsung atau melalui server yang menyimpan data jaringan. Dalam model desktop virtual, yang juga kadang-kadang disebut sebagai virtual desktop interface (VDI), komputer pusat tidak hanya menyimpan data, juga menjalankan program dan proses aplikasi.

Keuntungan utama dari proses ini adalah seseorang dapat memiliki akses ke “komputer” yang sama melalui VDI. Jadi, terutama untuk perusahaan besar, umumnya karyawan mengakses pekerjaan melalui komputer mereka di kantor, namun adakalanya mereka harus bekerja di luar kota atau bertemu klien di luar kantor, nah karena aplikasi dijalankan di sisi server, maka desktop karyawan dapat diakses dari terminal berbeda dan unit portabel.

Administrasi jaringan dan technical support menjadi lebih sederhana ketika hanya segelintir komputer melakukan yang pekerjaan. Komputer tambahan dapat ditambahkan ke jaringan lebih cepat karena hanya membutuhkan instalasi software VDI untuk beroperasi. Jika tuntutan di sistem meningkat dan membutuhkan upgrade hardware cukup komputer pusat yang perlu ditingkatkan, karenanya biaya hardware akan lebih kecil, karena komputer interface tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi.

Namun setiap sistem bukan tidak memiliki kelemahan. Sistem ini sendiri memiliki kelemahan juga, yaitu ada kerumitan dalam me-maintain jaringannya ketimbang jaringan biasa. Jika ada masalah dalam jaringan maka bukan tidak mungkin semua komputer interface akan mengalami masalah dalam hal akses.

Tidak setiap model jaringan personal atau bisnis akan mendapatkan keuntungan dari sistem VDI, oleh karena itu keuntungan dan kerugian harus dipertimbangkan matang – matang, karena tidak mudah untuk mengubah dari satu jenis jaringan ke yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s