Anda telah menggunakan teknologi “Cloud” !!

Topik mengenai cloud computing akhir – akhir ini makin ramai dibicarakan, makin banyak artikel mengenai cloud, makin banyak perusahaan menggunakan cloud ataupun menuju penggunaan cloud.

Namun, masih banyak juga yang bertanya – tanya, apa sebenarnya cloud itu, bagaimana cara kerjanya, apa keuntungannya, bagaimana cara menggunakan cloud, hingga, apa hubungannya dengan awan sehingga bernama cloud?

Jika anda pengguna internet atau paling tidak sering menggunakan internet, sebenarnya tanpa anda sadari, anda sudah menggunakan teknologi ini, melalui hal – hal berikut ini:

1. Kerjasama
Melalui internet, kita bisa bekerja satu sama lain dan saling membagi data, meski kita berada di 1 ruangan yang sama maupun saling terpisah satu sama lainnya. Hanya dengan beberapa klik, kita dapat saling membagi foto, lagu, video, slide presentasi, dsb.
Nah jika anda menggunakan jasa sharing melalui dropbox, google drive dll sebenarnya anda sudah menggunakan teknologi cloud ini. Jasa sharing seperti dropbox, google drive, menyimpan data anda di cloud sehingga dapat diakses dari mana saja menggunakan internet dan dapat diupdate kapan saja.
Siapa saja yang bisa mengakses dan mengupdate data ini? Anda sendiri, ataupun orang – orang yang anda berikan hak aksesnya.
Hanya file itu saja? Tidak juga, situs seperti Delicious maupun Google menawarkan fitur bookmarks, anda sedang browsing, anda menemukan situs yang menarik, tapi ini bukan pc anda dan ingin mengaksesnya di pc anda sendiri? Bisa, cukup login, lalu saat anda berada di pc anda, login kembali, synchronize, dan voila~ anda bisa edit/update bookmarks anda, cukup menarik bukan?

2. Penyimpanan
Salah satu ciri utama dari penggunaan teknologi cloud adalah penyimpanan. Misalkan dropbox, mediafire, google drive menawarkan jasa untuk menyimpan data anda dan anda dapat mengaksesnya darimana saja, umumnya jasa yang ditawarkan size nya juga tidak sedikit. File seperti lagu, video, umumnya cukup besar, dan terkadang lebih mudah untuk menyimpannya di cloud daripada harus membawa – bawa USB disk, belum lagi resiko terkena virus, bila anda memasang di pc/laptop yang memiliki virus. Banyak orang juga menggunakan teknologi cloud untuk menyimpan backup komputer mereka.

3. Hiburan
Banyak situs music – streaming maupun acara tv streaming yang menggunakan teknologi cloud, contohnya seperti Netflix, iPlayer, Spotify maupun Pandora. Dengan menggunakan cloud, memungkinkan mereka untuk menyimpan data dan file berukuran besar dan dapat diakses oleh sejumlah besar user.
Bagaimana dengan game? Cloud gaming juga sudah mulai populer. User dapat memainkan game, meskipun game tersebut tidak terinstal di device mereka, maupun, mereka memiliki pc berspek rendah, namun tetap bisa memainkan game yang seharusnya membutuhkan spek yang lebih, karena sudah dicover di server. contoh cloud gaming, Big Fish maupun GamingAnywhere yang merupakan game opensource pertama

4. Komunikasi
Hal paling simpel yang anda tidak sadari bahwa anda telah menggunakan teknologi cloud adalah email. Gmail, yahoo, hotmail semuanya merupakan bentuk cloud. Email dan kontak anda tidak semata – mata disimpan di pc anda, tapi di cloud server yang memungkinkan anda mengaksesnya dimana saja, bahkan melalui device lain selain pc.

5. Social Networking
Banyak soc-net yang penggunanya telah mencapai jutaan dan menggunakan teknologi cloud membuat jasa mereka lebih stabil dan tersedia. Jadi kapanpun anda mengupload foto atau video di facebook atau memposting status di twitter, sebenarnya anda telah menggunakan teknologi cloud🙂

Jadi, sudahkah anda memiliki gambaran jelas mengenai teknologi cloud computing ini? Bahkan sebenarnya tanpa anda sadari, anda telah menggunakannya!
Ingin mempelajari lebih lanjut atau membangun teknologi ini? di BINUSCENTER tersedia loh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s